domino22


Khotbah Singgung Kasus Ahok, Kemenag: Khatib Jangan Bahas Politik


Bumbu Berita - Seorang khatib di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta, menyinggung kasus Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam khotbah salat Id-nya. Plt Dirjen Binmas Islam Kemenag Kamaruddin Amin meminta para khatib tak menyinggung politik dalam khotbah.

"Tidak usahlah khatib-khatib itu masuk ke wilayah-wilayah seperti itu, nggak usah masuk ke wilayah politik, tidak usah masuk ke wilayah hal-hal yang sifatnya menciptakan suasana yang tidak teduh, tidak nyaman," kata Kamaruddin saat dikonfirmasi, Selasa (27/6/2017).

Menurut Kamaruddin, hal tersebut tak produktif dan justru menimbulkan suasana tidak nyaman di masyarakat. Apalagi hal ini disampaikan dalam suasana Lebaran.

"Itu tidak produktif, ya. Kita kan dalam suasana Lebaran. Seharusnya semua bersinergi untuk menciptakan suasana yang teduh yang damai, yang kondusif. Tidak usah men-trigger atau menyebabkan suasana menjadi tidak nyaman, jaid tidak teduh," ujar Kamaruddin.

Ia pun mengimbau khatib kembali ke substansi khotbah yang mendamaikan dan meneduhkan. Meski begitu, Kemenag tak punya kewenangan memberikan teguran karena yang bersangkutan bukan pegawai.

"Kami mengimbau khatib itu agar kembali pada substansi khotbah itu. Jadi memberikan pesan keagamaan yang damai, yang teduh, yang tidak usah masuk ke wilayah politik," tutur Kamaruddin.

"Kita hanya bisa mengimbau, khatib itu tidak dalam kewenangan Kemenag, bukan pegawai. Tapi Menteri Agama sudah mengimbau sebenarnya untuk memberikan pesan damai," urainya.


Sebelumnya diberitakan, khatib Ichsan Nuriansah Bajuri sempat menyinggung kasus penistaan agama yang menjerat Ahok dalam ceramah salat Id di Alun-alun Gunungkidul, DI Yogyakarta. Dari penuturan salah satu warga yang ikut salat, jemaah akhirnya banyak yang meninggalkan lokasi.

Ketua Perayaan Hari Besar Islam Wonosari Gunungkidul Iskanto menyayangkan materi khotbah Ichsan. Menurut dia, sebenarnya apa yang disampaikan Ichsan faktual, tapi tidak layak disampaikan kepada masyarakat secara terbuka.

"Ya, kalau buat dikonsumsi (masyarakat) umum, kurang pas," ujar Iskanto, Selasa (27/6/2017).

Sumber : Detiknews.com


DOMINO22 Adalah AGEN POKER ONLINE Indonesia yang Terpercaya dan memberikan Kemudahan dan Kenyamanan bagi para pencinta GAMES POKER ONLINE Kami Juga Memiliki Berbagai Jenis Permainan Seperti
Poker
Domino
AduQ
BandarQ
Bandar Poker
Capsa Susun
Bandar Sakong

Domino22 selalu memberikan yang terbaik dengan pelayanan 24jam nonstop dengan prosesan tercepat dan sangat ramah,ayo raih kemenangan anda bersama kami hanya di Agen Poker Terpercaya dengan sistem keamanan yang tercanggih No ROBOT dan No Admin, Ayo Raih Kemenangan anda bersama kami disini dengan persentase kemenangan Tertinggi hanya di Agen Poker Terpercaya.

No comments

Powered by Blogger.