domino22


Jokowi Minta Hentikan Aksi Persekusi

Presiden Joko Widodo

Bumbu Berita – Presiden Joko Widodo menegaskan persekusi merupakan perbuatan yang berlawanan dengan asas hukum negara. Persekusi merupakan pemburuan sewenang-wenang terhadap seorang atau sejumlah warga dan disakiti, dipersusah atau ditumpas. Aksi ini berjalan tanpa menunggu penegakan hukum.

"Persekusi ini berlawanan dengan asas hukum negara, sangat-sangat berlawanan. Jadi perorangan maupun kelompok-kelompok maupun organisasi apa pun tidak boleh main hakim sendiri," kata Jokowi saat menghadiri Kajian Ramadan di Universitas Muhammadiyah Malang, Sabtu 3 Juni 2017.

Jokowi mengecam tindakan persekusi yang mengatasnamakan penegakan hukum. Jokowi mengatakan, segala tindakan main hakim sendiri tidak diperbolehkan di Indonesia.

"Apalagi memakai nama penegakan hukum itu tidak ada. Tidak boleh dan tidak ada, kita bisa jadi negara bar-bar kalau hal seperti ini dibiarkan," ucap Jokowi.

Jokowi memerintahkan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian untuk menindak tegas pelaku persekusi, tak peduli individu, kelompok atau organisasi.

“Saya sudah perintahkan kepada kapolri untuk melakukan penegakan hukum, penindakan tegas, dan tidak boleh hal-hal seperti itu (persekusi) dibiarkan," ujar Jokowi.

Jokowi juga mengingatkan, untuk organisasi maupun masyarakat yang melakukan persekusi untuk segera menghentikan tindakan sewenang-wenang itu. Ia meminta persoalan yang melanggar hukum agar diserahkan ke kepolisian.

"Siapa pun baik individu, kelompok dan organisasi, baik masyarakat kelompok dari mana pun segera hentikan. Dan segala persoalan yang ada diserahkan kepada aparat penegak hukum, kepada kepolisian," kata Jokowi.

Sumber : Vivanews.co.id

No comments

Powered by Blogger.