domino22


Barikade Mahasiswa di Inggris Lindungi Rekannya Salat


Bumbu Berita -  Sepekan sebelum Ramadan, pihak University of East Anglia di Inggris menutup kamar atau ruang salat bagi para mahasiswanya. Namun aturan tersebut tak membuat para mahasiswa muslim patah semangat beribadah.

Mereka lalu mengadakan salat Jumat di pusat area kampus Norwich yang terbuka. Tak disangka, ternyata teman-teman mereka yang bukan muslim langsung membentuk barisan barikade agar para rekannya tak diinterupsi pihak kampus saat menunaikan salat.

Aturan kampus yang meniadakan ruang salat itu sempat diprotes oleh The Islamic Society of UEA, organisasi mahasiswa Islam di kampus itu. Ternyata hanya dalam 4 hari, petisi mereka juga didukung oleh 6.000 orang melalui tanda tangan, sebagaimana dilansir middleesateye.net.

Tak hanya itu, aksi barikade melindungi salat ini juga menarik perhatian publik. Foto dan kasus ini sempat viral dengan tagar #SaveOurSpace di Twitter. Aksi solidaritas itu dipuji netizen dari berbagai belahan dunia.

"Solidaritas bagi mahasiswa muslim yang berani menentang aksi islamofobia yang ditunjukkan oleh institusi kampus UEA," kata pemilik akun @krum_tuschev yang menuliskannya dengan bahasa Inggris.

Sementara pihak universitas mengatakan bahwa ruang salat ditutup agar bisa digunakan untuk acara yang lebih besar dan kepentingan bersama di kampus.

"Kami mendukung saudara kami muslim dalam misi memperjuangkan ruang ibadah mereka," cuit akun @Adam_Kennerly.

Sumber : Vivanews.com

No comments

Powered by Blogger.